Bermuatan Lebih, Kendaraan Bermuatan Kelapa Terguling di Tol Pasuruan

PASURUAN, SUARABANGSA.co.id – Akibat membawa muatan berlebih, ban Truck Isuzu meletus dan terguling, di KM 824 A Tol Pasuruan Probolinggo, (19/9) sekitar pukul 20:15 WIB.

Kendaraan barang jenis Truck Isuzu bernopol BE- 9448 -NJ itu dikemudikan oleh Yakobus Suryadi Cahyono (30) warga Sri Pendowo Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan dan berpenumpang Made Duwija (30) Tri Dharma Yoga, Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Drs Budi Indra Dermawan menjelaskan, laka lantas tersebut terjadi di KM 824 A Tol Pasuruan Probolinggo.

Baca Juga:  Truk Bermuatan Belasan Orang Terguling di Jalan Raya Banjar Gapura, Dua Orang Meninggal Dunia

“Kendaraan mengalami kerusakan ringan di bak bagian sebelah kanan dan spion depan sisi kanan,” kata Dir Lantas Polda Jatim.

Masih Dir Lantas Jatim, semula kendaraan Truk dengan muatan kelapa, melaju dari arah Surabaya menuju Probolinggo, di Iajur lambat dengan kecepatan 60 km/jam, setelah sampai di KM 823A, ban belakang sebelah kanan meletus sehingga pengemudi terkejut dan panik hingga tidak bisa mengendalikan Iaju kendaraannya dengan wajar.

“Kejadian tersebut, mengakibatkan kendaraan terguling ke kanan dengan posisi melintang, muatan tertumpah menutup Iajur lambat dan Iajur cepat,” ungkap Dirlantas Jatim.

Baca Juga:  H- 2 Lebaran Bapak dan Anak Kompak Jualan Sabu Hingga Diamankan Satresnarkoba Polres Sumenep

Dari analisa kejadian tersebut, kecelakaan terjadi karena kendaraan membawa muatan melebihi kapasitas yang mengakibatkan ban meletus sehingga pengemudi tidak bisa mengendalikan Iaju kendaraannya kemudian kendaraan terguling.

“Dengan kejadian itu, kami menghimbau kepada masyarakat khususnya dalam pengguna jalan, pastikan kondisi kendaraan dan fusik pengemudi serta penumpang sebelum melakukan perjalanan. Mari kita juga Keselamatan dalam berlalulintas,” pesan Dir Lantas Jatim.

“Evakuasi kendaraan dibawa ke gerbang Tol Probolinggo Timur. Jogo Jawa Timur. Indonesia maju,” pungkas Dir Lantas Jatim.

Leave a Reply