Pastikan Hewan Bakal Kurban Sehat, DKPP Sumenep Sidak ke Dua Tempat

Dinas Peternakan Sumenep, Hewan Kurban

Kepala DKPP Bambang Heriyanto saat sidak ke tempat penjualan hewan kurban (Sumber: Madurazone)

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Pastikan kesehatan hewan kurban, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah tempat menjual hewan kurban, Rabu (07/08).

Tim langsung menuju ke dua tempat di Jalan Payudan Barat, sekolah Salsabila dan di Jalan Lontar. Di dua tempat itu ada tim medis memeriksa kesehatan hewan satu persatu, mulai dari Kambing sampai Sapi.

Kepala DKPP Bambang Heriyanto mengatakan bahwa pihaknya ingin memastikan kesehatan hewan kurban sebelum dijual dan disembelih saat Idul Adha 1440 mendatang.

Baca Juga:  Mutasi Pejabat, Bupati Sumenep Ingatkan ASN Agar Amanah

“Kami langsung memantau semua hewan kurban. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan kurban, ” terangnya.

Selain itu, sambung dia, juga memastikan kandang yang digunakan. Sebab, sesuai persyaratan harus teduh. Juga, memastikan ketersedian pakan hewan kurban.

“Semuanya sudah tersedia dengan baik,” ucap mantan Kepala Dispertahortbun Sumenep ini.

Dia menegaskan, dari hasil pemantauan di lapangan dipastikan layak untuk dijadikan hewan kurban. Dari sisi usia hewan juga dinyatakan layak.

“Tidak ada penyakit. Usia sudah mencukup. Kalau kambing minimal satu tahun, dan untuk sapi minimal dua tahun,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kanit PJR Jatim V Situbondo Lakukan Penertiban Prokes di Pasar Panarukan

Leave a Reply